Selasa, 15 November 2011

Wedding Bermakna dengan Budget Minimalis

Seperti apakah fungsi penting dari foto-foto wedding? Mari kita simak penjelasan berikut beserta bagaimana mendapatkan foto foto pernikahan yang istimewa dan special baik bagi kedua mempelai maupun setiap orang yang terlibat di dalamnya.

Momen, Memori, dan Emosi dalam Foto-foto Wedding
Pernikahan merupakan sebuah momen yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang hayat bagi sang mempelai. Kenangan indah yang akan terukir selalu. Akan tetapi, memori kita tidak akan mampu menangkap setiap detail yang terjadi selama prosesi pernikahan. Padahal, setiap detail yang terjadi selama prosesi pernikahan juga merupakan momen yang terlalu indah untuk terlewat begitu saja. Untuk itulah sebuah cara ditemukan untuk mengabadikan setiap detail yang ada, yaitu pengabadian momen indah melalui foto prewedding dan pastinya foto-foto wedding. Dari penjelasan tersebut di atas, fungsi utama foto pernikahan memang adalah untuk meng-capture¬ momen indah selama prosesi pernikahan. Terlebih lagi apabila prosesi pernikahan menggunakan prosesi adat yang memiliki rangkaian acara yang cukup panjang. Foto-foto wedding akan mampu mengabadikan setiap detail momen yang berlangsung yang mungkin justru tidak sempat terlihat oleh kedua mempelai. Foto pernikahan juga mempunyai potensi yang besar untuk tidak sekedar berupa gambar, tetapi juga menyimpan emosi dari setiap objek yang ditangkapnya. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bagi foto-foto wedding. Foto yang diambil akan bercerita lebih seakan yang melihatnya juga sedang berada dalam prosesi pernikahan tersebut dan dapat merasakan apa yang dirasakan oleh setiap objek yang terekam dalam gambar tersebut.

Fungsi lain yang dilansir oleh berbagai media, foto pernikahan mampu membangkitkan kembali kenangan indah diantara kedua mempelai di saat mereka mungkin sedang mengalami titik jenuh. Karena pernikahan merupakan gerbang awal pada saat mempelai mengucap janji dengan perasaan mantap bahwa kehidupan akan menjadi lebih indah, lebih baik dan bermakna bersama dengan pasangan, maka pernikahan memiliki arti mendalam daripada hanya sekedar pengucapan janji hidup bersama. Dan foto-foto wedding beserta setiap emosi yang terekam di dalamnya mampu membangkitkan kembali kenangan indah tidak hanya selama prosesi pernikahan tetapi juga latar belakang serta harapan-harapan kedua mempelai saat sebelum dan saat menikah.
Fungsi dari foto-foto wedding memang begitu besar, bahkan tidak sedikit pasangan yang rela merogoh kantong dan mengeluarkan jutaan rupiah untuk jasa pengambilan foto pernikahan. Hal ini tentu saja tidak akan menjadi masalah bagi pasangan yang memang memiliki budget lebih, akan tetapi jika pasangan memilih untuk menghemat pengeluaran foto pernikahan untuk kebutuhan yang lebih penting pasca pernikahan, ada banyak hal yang bisa disiapkan untuk menekan budget foto-foto wedding.
Hal Dasar untuk Menekan Budget Foto-foto Wedding
Jika kita melakukan survey tentang harga jasa pengambilan foto-foto wedding, kita pasti akan sering terkejut dengan harga selangit yang ditawarkan oleh fotografernya. Yang perlu diingat untuk pengambilan foto-foto wedding adalah bahwa dengan harga yang mahal belum tentu kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi tidak berarti bahwa kita dapat memilih jasa foto-foto wedding dengan harga jauh di bawah rata-rata, karena itu berarti tanda tanya besar terhadap kualitas yang dihasilkan.

Yang terpenting untuk menekan budget foto-foto wedding adalah dengan merubah pola pikir bahwa foto foto wedding berkualitas hanya bisa dihasilkan dengan biaya yang super mahal. Dengan mencoba berfikir bahwa ada banyak hal yang mampu membuat hasil rekam foto-foto wedding dengan maksimal dengan mengeluarkan biaya tidak terlalu besar. Mulai dari pemikiran ini, ide-ide akan mulai bermunculan.
Langkah Awal: Negosiasi Foto-foto Wedding dengan sang Fotografer
Bahkan apabila kita adalah seorang fotografer profesional, kita akan membutuhkan fotografer lain untuk memberikan rekaman foto-foto wedding kita sendiri. Mencoba mencari fotografer dengan kualitas baik dengan penawaran harga yang relatif terjangkau menjadi opsi utama. Kualitas baik dapat diamati melalui portfolio yang wajib diperlihatkan oleh setiap fotografer. Setelahnya, ajukan penawaran harga terhadap jasa foto-foto wedding yang mereka berikan.
Akan lebih baik lagi jika kita sudah memiliki konsep terlebih dahulu. Konsep di sini berarti konsep pernikahan dan foto-foto wedding pada momen apa saja yang kita inginkan untuk diabadikan oleh fotografer. Dengan membagikan konsep dan mendiskusikannya, fotografer akan lebih mudah meng-arrange langkah pemotretan. Selain membangun chemistry kemungkinan mendapatkan harga lebih murah akan terbuka semakin lebar, karena tidak hanya fotografer yang memikirkan proses dan hasil foto-foto wedding tersebut. Terlebih lagi, hasil foto-foto wedding yang diinginkan akan jauh lebih mendekati seperti apa yang diharapkan.
Alternatif, Foto-foto Wedding dengan cara lain

Tetap akan menggunakan kamera, tetapi hal ini lebih berkaitan dengan jasa pemberi layanan foto pernikahan. Kita bisa menyewa satu fotografer professional dengan penawaran jasa pemotretan minimalis, dan sisanya kita bisa meminta bantuan orang terdekat atau teman-teman yang memiliki hobi fotografi. Selain sudut pandang yang ditawarkan akan jauh lebih beragam, sehingga detail yang didapat akan lebih kaya, kita juga dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk foto-foto wedding. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa mereka mungkin tidak banyak menghasilkan foto dengan hasil seprofesional fotografer ahli. Tetapi, kita akan memiliki lebih banyak variasi.
Semoga cara di atas dapat membantu memberikan pilihan seperti halnya yang diberikan oleh www.asahiphotography.com untuk mendapatkan foto-foto wedding maupun foto prewedding yang bermakna dan tidak terlupakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung

 
Design by Asahi Themes | Bloggerized by Yahdanie - Asahi | Phone:087773177715